"Saya minta tolong ambilkan gelas atau mangkuk kosong sama sendoknya satu ya, Mas Doni, makasih"
Dengar kalimat itu, teman-teman semeja saya ngedumel "ih ngapain pake baik-baik segala. Harusnya lu omelin, udah dibilangin es nya dikit aja, dicemplungin segambreng. Mending tuker baru aja sih". Ada lagi respon yang lebih lucu, "kok lu tau-tauan namanya Doni, sih? Lu sering makan disini? Akrab bener".
Jawaban saya sembari keketawaan..
"Lu liat ini tempat rame bener. Nginget pesanan detail itu PR. Salah gue sendiri pesenannya ribet. Lagian masih bisa diakalin kan, kurangin es batunya. Beres. Kalau diganti, buat siapa? Lu mau bayarin? Haha"
"Soal nama, lu ga liat, itu tiap pramusaji pake name tag bukan buat pajangan. Buat mempermudah kita nyapa. Tinggal baca aja susah bener"
Teman-teman saya cuma geleng-geleng sambil bilang "kerajinan lu"
Engga, engga. Ini bukan soal kurang kerjaan apalagi kerajinan. Soal panggilan nama, saya pernah ditegur oleh Ayah saya. Suatu waktu, saya isi bensin di pombensin daerah Cikeas. Sampai selesai isi bensin dan nyalain mesin, indikator tanki bensin saya ga naik-naik. Saya tungguin beberapa saat, tetap ga naik. Akhirnya, saya panggil mas yang jaganya. Saya omelin, "kamu mau nipu ya? Liat indikator tanki bensin saya ga naik. Sini kamu, mana atasanmu?". Masnya panik dan bilang atasannya gak ada di tempat. Masih saya omelin "Sini kamu, siapa nama kamu? Sini. Saya foto dulu buat bukti". Masnya ga berkutik karena bingung harus ngapain.
Karena buru-buru, saya lanjut jalan. Ayah saya bilang "Kamu pernah nanya yang jaga pombensin namanya siapa ga kalo dia pelayanannya sangat baik?". Deggg. "Kamu ga boleh mengingat orang hanya karena keburukannya. Belum tentu itu salahnya dia. Dan siapa tahu kamu butuh bantuan dia suatu saat nanti. Kamu tadi tanya namanya dia siapa, jelas-jelas di bajunya ada namanya. Gak baik itu bentak-bentak begitu. Ada namanya kok, kamunya aja gak baca", daaan terus menerus sepanjang jalan Ayah saya bicara tentang betapa pentingnya menyebutkan nama pihak pemberi jasa dalam kehidupan sehari-hari yang nempel di bajunya atau di meja kerjanya. Gak berasa, sudah jauh juga saya dari pombensin tadi. Perkiraan saya, harusnya bensin saya gak cukup buat jalan sejauh ini. Akhirnya melipir ke bengkel terdekat buat ngecek. TERNYATA yang rusak adalah indikator tanki bensin saya :(((( bensinnya beneran full, hiks. Pas pulang, ternyata masnya udah ganti shift. Saya titip sesuatu buat permintaan maaf ke temennya yang gantiin, semoga masnya mau maafin :(((
Dan, sejak kejadian itu, saya berusaha panggil nama minimal sekali dalam serangkaian pelayanan yang sedang saya terima. Dengan pramusaji, dengan teller bank, dengan resepsionis, dengan polisi, dengan suster, dengan supir taksi, dengan petugas pintu tol, dengan siapapun yang pasang nama. Ternyata efeknya luar biasa loh, mereka tiba-tiba berbinar! Haha, gak percaya? Cobain!
Ditulis : Mutia Adia
Dengar kalimat itu, teman-teman semeja saya ngedumel "ih ngapain pake baik-baik segala. Harusnya lu omelin, udah dibilangin es nya dikit aja, dicemplungin segambreng. Mending tuker baru aja sih". Ada lagi respon yang lebih lucu, "kok lu tau-tauan namanya Doni, sih? Lu sering makan disini? Akrab bener".
Jawaban saya sembari keketawaan..
"Lu liat ini tempat rame bener. Nginget pesanan detail itu PR. Salah gue sendiri pesenannya ribet. Lagian masih bisa diakalin kan, kurangin es batunya. Beres. Kalau diganti, buat siapa? Lu mau bayarin? Haha"
"Soal nama, lu ga liat, itu tiap pramusaji pake name tag bukan buat pajangan. Buat mempermudah kita nyapa. Tinggal baca aja susah bener"
Teman-teman saya cuma geleng-geleng sambil bilang "kerajinan lu"
Engga, engga. Ini bukan soal kurang kerjaan apalagi kerajinan. Soal panggilan nama, saya pernah ditegur oleh Ayah saya. Suatu waktu, saya isi bensin di pombensin daerah Cikeas. Sampai selesai isi bensin dan nyalain mesin, indikator tanki bensin saya ga naik-naik. Saya tungguin beberapa saat, tetap ga naik. Akhirnya, saya panggil mas yang jaganya. Saya omelin, "kamu mau nipu ya? Liat indikator tanki bensin saya ga naik. Sini kamu, mana atasanmu?". Masnya panik dan bilang atasannya gak ada di tempat. Masih saya omelin "Sini kamu, siapa nama kamu? Sini. Saya foto dulu buat bukti". Masnya ga berkutik karena bingung harus ngapain.
Karena buru-buru, saya lanjut jalan. Ayah saya bilang "Kamu pernah nanya yang jaga pombensin namanya siapa ga kalo dia pelayanannya sangat baik?". Deggg. "Kamu ga boleh mengingat orang hanya karena keburukannya. Belum tentu itu salahnya dia. Dan siapa tahu kamu butuh bantuan dia suatu saat nanti. Kamu tadi tanya namanya dia siapa, jelas-jelas di bajunya ada namanya. Gak baik itu bentak-bentak begitu. Ada namanya kok, kamunya aja gak baca", daaan terus menerus sepanjang jalan Ayah saya bicara tentang betapa pentingnya menyebutkan nama pihak pemberi jasa dalam kehidupan sehari-hari yang nempel di bajunya atau di meja kerjanya. Gak berasa, sudah jauh juga saya dari pombensin tadi. Perkiraan saya, harusnya bensin saya gak cukup buat jalan sejauh ini. Akhirnya melipir ke bengkel terdekat buat ngecek. TERNYATA yang rusak adalah indikator tanki bensin saya :(((( bensinnya beneran full, hiks. Pas pulang, ternyata masnya udah ganti shift. Saya titip sesuatu buat permintaan maaf ke temennya yang gantiin, semoga masnya mau maafin :(((
Dan, sejak kejadian itu, saya berusaha panggil nama minimal sekali dalam serangkaian pelayanan yang sedang saya terima. Dengan pramusaji, dengan teller bank, dengan resepsionis, dengan polisi, dengan suster, dengan supir taksi, dengan petugas pintu tol, dengan siapapun yang pasang nama. Ternyata efeknya luar biasa loh, mereka tiba-tiba berbinar! Haha, gak percaya? Cobain!
Ditulis : Mutia Adia
Komentar
Posting Komentar