Tanda2 akhir jaman kali ya, ada mahasiswa protes pada sy gara2 sy kasih nilai C. Protes krna merasa selalu masuk, selalumengumpulkan tugas, dan ikut ujian.
Bagi dosen, memberi nilai A atau B itu gampang,
tapi nantinya akan jadi beban jika ternyata
kemampuan mahasiswa nggak singkron antara nilai di atas kertas dg keilmuannya. Bagaimana kita mempertanggungjawabkan nilai2 yg begitu bombastis dg keahlian saat memasuki dunia kerja.
Ada teman sy yg suka memberi nilai A, semua
mahasiswa yg ikut mata kuliahnya diberi nilai A. Dia
menjelaskan ke mahasiswanya bahwa nilai A itu biar jadi beban moral setelah lulus nanti.
Dengan nilai bagus, mahasiswa harus mengupgrade skillnya supaya sesuai dg nilai di atas kertas.
Jadi, pemberian nilai A bagi teman sy bukan karena
penghargaan, tapi sebagai pecutan bagi mahasiswa;
nilaimu sebagus itu kamu bisa apa?
Beda dosen beda kebijakan. Sy nggak bisa memberi nilai seragam, harus ada bedanya antara mahasiswa cerdas, kreatif, dan rajin, dengan mahasiswa yg hanya rajin tapi nggak cerdas apalagi kreatif.
Apa gunanya dunia akademik jika bukan utk mengukur inteligensi. Dulu saat kuliah S1, sy pernah dpt nilai D, padahal sy selalu masuk, tapi memang tugas2 dikerjakan alakadarnya dan ujian gak belajar sama sekali karena sibuk organisasi dan sibuk pacaran.
Saat kuliah S1 itu sy termasuk mahasiswa rajin tapi
nggak cerdas apalagi kreatif, wajar dapet nilai D.
Sakit hati memang dapet nilai jelek, tapi itu yg harus sy telan, dan sy nggak berani protes ke dosen, cuma bisa mewek di kos-kosan.
Ketika sy dapet kesempatan melanjutkan studi S2,
dua semester berturut-turut nilai sy A semua,
otomatis IPK 4. Di akhir masa kuliah ada nilai B
tapi cuma satu, puncaknya nama sy disebut sebagai lulusan terbaik di upacara yudisium.
Kalo ada teman atau sodara yg bilang hebat ya
nilaimu bagus, sy selalu jawab, profesor sy ngantuk
waktu nyatet nilai sy, niatnya ngasih B atau C
malah yg kecatet A.
Sy juga ingin protes ke dosen2 sy yg bergelar
doktor, Ph.D, dan profesor, kenapa ngasih nilai A
semua, cuma satu B-nya. Sy ingin protes karena
merasa nggak layak, sy merasa bodoh, nggak kuat
nanggung beban seberat itu.
Pertanyaan yg baik itu bukan berapa nilaimu, tapi
apa skillmu? Nilainya bagus tapi o'on kaya sy,
mending nilai biasa2 tapi skillnya luar biasa.
Pendidikan di lingkup perguruan tinggi harus
mengutamakan kemampuan, keilmuan, keahlian,
bukan cuma membanggakan nilai.
Saat ini lebih marak minuman rasa jeruk dibanding
air jeruk beneran, makanan rasa sapi dibanding
daging sapi sungguhan.
Jangan sampe kampus-kampus tempat mencetak
agent of change malah ikutan industri makanan dan
minuman, judulnya aja "sari jeruk" tapi cuma air
diwarnai dan ditambah perasa. Gelarnya aja
sarjana, tapi dituntut skill cuma melongo.
Siti Julaihah FD
Komentar
Posting Komentar